BELAJAR SEO DARI A-Z /
Mulai dari sini

3 Cara Menyunting Berkas Tema Pada WordPress

Mengubah tampilan website dengan cara menyunting tema. Kenali struktur berkas tema WordPress sebelumnya.

Menyunting Tema WordPress

Tema merupakan salah satu bagian WordPress yang mengatur tampilan front end suatu website. Tema membedakan tampilan visual satu website dengan website lainnya.

Selain pengaturan visual yang terdapat pada admin area, WordPress memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menyunting berkas-berkas tema secara manual.

Setidaknya ada 3 cara untuk menyunting berkas tema pada WordPress. Silahkan gunakan salah satu diantara ketiga metode tersebut.

Bila kamu ingin memodifikasi tema, saya sarankan untuk menyunting child theme, bukan tema utama. Hal ini penting untuk menghindari hilangnya hasil modifikasi bila terjadi pembaruan tema.

Cara 1. Menggunakan Admin Area WordPress

Masuk ke halaman admin area, lalu buka halaman berikut:

Dasbor > Tampilan > Editor Berkas Tema

Editor Tema WordPress

Setelah terbuka, pilih salah satu berkas tema (di sisi kiri) yang ingin kamu sunting. Dengan fasilitas ini kamu bisa langsung menambahkan, menghaspus, dan mengubah kode dalam berkas dan menyimpannya secara langsung.

Pada beberapa kasus, mungkin kamu harus mengubah file permission terlebih dahulu karena tidak semua hosting membolehkan penyuntingan berkas tema. Sialnya, untuk mengubah file permission tidak bisa dilakukan di admin area WordPress. Kamu harus mengubahnya via cPanel atau FTP Client.

Menyunting tema lewat admin area sangat riskan karena tidak ada fasilitas undo, sehingga kalau ada salah sunting bisa berabe.

Cara 2. Menggunakan File Manager cPanel

File Manager merupakan fasilitas yang ada dalam control panel hosting website kamu. Dengan fasilitas ini kamu bisa melihat, menyunting, mentransfer, dan mengatur file permission berkas-berkas yang ada dalam website kamu.

Kamu bisa menyunting berkas tema secara langsung pada jendela File Manager. Atau, mengunduh berkasnya terlebih dahulu kemudian menyuntingnya dengan aplikasi text editor di komputer kamu. Setelah selesai baru diunggah kembali.

Berkas-berkas WordPress biasanya ada di folder public_html.

Lihat lebih detail tentang cara menggunakan File Manager di sini.

Cara 3. Menggunakan FTP FileZilla

FTP adalah protokol khusus untuk mentransfer antara server hosting dan komputer kamu. Untuk menggunakan FTP kamu memerlukan aplikasi FTP Client. Selain itu kamu juga harus memiliki aplikasi text editor untuk menyunting berkas.

Cara kerjanya, berkas yang ada di website diunduh terlebih dahulu. Kemudian disunting dengan text editor dikomputer kamu, setelah itu diunggah kembali.

Lihat lebih detail tentang cara menggunakan FTP.

TINGGALKAN KOMENTAR

* Hanya komentar bermutu yang akan ditampilkan.