KURSUS MEMBUAT WEBSITE100% Gratis!

File Manager Vs FTP, Mana yang Lebih Praktis?

Saya sudah memiliki hosting yang menyediakan fitur File Manager, apakah masih memerlukan FTP untuk mengunggah berkas ke website?

File Manager Vs FTP

Ada banyak cara untuk mengunggah berkas ke website. Salah duanya menggunakan File Manager atau koneksi FTP.

File Manager yang dimaksud di sini adalah fasilitas untuk melihat direktori dan berkas dalam website. Bisa digunakan juga untuk mentransfer, menyunting, dan mengatur file permission berkas. Fasilitas ini dapat ditemukan dalam control panel hosting.

Hampir semua fungsi File Manager bisa dilakukan juga oleh aplikasi FTP seperti FileZilla.

File Manager Vs FTP

File Manager memanfaatkan protokol http sebagai koneksinya. Fitur ini diakses menggunakan peramban, seperti website pada umumnya.

Sedangkan FTP adalah protokol tersendiri yang dirancang khusus untuk mentransfer berkas. FTP hanya bisa diakses dengan aplikasi khusus FTP Client.

Saya sering mendengar teori yang mengatakan mentransfer berkas dengan http lebih lambat, kurang stabil, dan kurang aman jika dibandingkan dengan FTP. Hanya saja dari pengamalan saya menggunakan keduanya, saya tidak menemukan bukti yang signifikan.

Dengan perkembangan teknologi hosting saat ini, transfer berkas dengan File Manager yang notabene menggunakan protokol http, sama cepatnya dengan FTP, juga sama-sama stabil. Begitu pun dengan soal keamanan, dengan hadirnya http secure (https), saya yakin aman-aman saja.

Menurut saya, preferensi para pengguna yang ada selama ini lebih didasarkan pada kenyamanan dan kebiasaan saja. Ada yang merasa lebih nyaman dengan File Manager ada pula yang lebih nyaman dengan FTP.

Kelebihan dan kekurangan

Analisis yang saya kemukakan ini lebih berdasarkan pada pengalaman sendiri, bukan ulasan teoritis. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan kedua fitur tersebut. Siapa tahu bisa jadi bahan pertimbangan bagi kamu.

File Manager

  • Biasanya diberikan satu paket dengan control panel hosting, baik yang menggunakan cPanel ataupun control panel lainnya. Kita tidak perlu mencari-cari aplikasi lain hanya untuk kepentingan mengunggah dan mengunduh berkas ke website (one stop solution).
  • Protokol yang digunakan berbasis http sehingga bisa diakses dari mana saja sepanjang ada sambungan internet dan peramban.
  • Kalau kamu pelanggan paket managed hosting, bila menemukan masalah bisa minta bantuan ke penyedia hosting.
  • Kelemahannya, ketika akan mengunggah berkas, harus satu persatu, tidak bisa mengunggah berkas dengan jumlah banyak sekaligus (catat: yang dimaksud di sini jumlah berkas bukan ukuran besar kecilnya). Walaupun hal ini bisa diakali dengan mengkompres terlebih dahulu dalam bentuk zip.
  • Kelemahan lainnya, bila kamu mengelola banyak website di banyak hosting akan menjadi tidak praktis. Kamu harus bolak balik membuka banyak akun hosting atau control panel hosting masing-masing website.

Silahkan lihat cara menggunggah berkas menggunakan File Manager.

Koneksi FTP

  • Untuk menggunakannya kamu harus memasang aplikasi FTP client di komputer kamu.
  • Apabila ada masalah dengan FTP client yang kamu gunakan, kamu harus menyelesaikannya sendiri. Kecuali bila masalahnya ada di server hosting kamu.
  • Kamu juga memerlukan sedikit pengetahuan teknis semisal mengetahui dan paham penggunaan login credential semacam password dan informasi teknis lainnya untuk membuka akses ke FTP.
  • Kelebihannya, bila kamu memiliki banyak website di banyak hosting, penggunaan aplikasi FTP client akan sangat memudahkan. Kamu tidak perlu keluar masuk control panel masing-masing website, semua bisa dikelola dari aplikasi FTP client.
  • Kelebihan lainnya, aplikasi FTP client bisa mentransfer berkas berapapun jumlahnya dengan sekali klik.

Silahkan lihat cara mengunggah berkas menggunakan FTP.

Mana yang lebih baik?

Saran saya bila kamu hanya memiliki satu website saja atau beberapa website dalam satu control panel hosting yang sama dan tidak banyak aktivitas untuk mentransfer berkas ke website gunakan saja File Manager.

Namun, kalau kamu memiliki lebih dari satu website apalagi dari hosting yang berbeda dan juga banyak aktivitas mentransfer berkas ke website, akan lebih efektif bila menggunakan FTP.

ARTIKEL TERKAIT
File Manager Vs FTP File Manager Vs FTP, Mana yang Lebih Praktis?
PANDUAN PEMULA
BLOG UPDATE!