BELAJAR SEO DARI A-Z /
Mulai dari sini

File Manager Vs FTP, Mana yang Lebih Praktis?

Lebih baik file manager atau FTP untuk mengunggah berkas ke website? Ikuti ulasan kekurangan dan kelebihannya.

Saya sudah memiliki hosting yang menyediakan fitur File Manager, apakah masih memerlukan FTP untuk mengunggah berkas ke website?

Ada banyak cara untuk mengunggah berkas ke website. Salah duanya menggunakan File Manager atau koneksi FTP.

File Manager yang dimaksud di sini adalah fasilitas untuk melihat direktori dan berkas dalam website. Bisa digunakan juga untuk mentransfer, menyunting, dan mengatur file permission berkas. Fasilitas ini dapat ditemukan dalam control panel hosting.

Hampir semua fungsi File Manager bisa dilakukan juga oleh aplikasi FTP seperti FileZilla.

File Manager Vs FTP

File Manager memanfaatkan protokol http sebagai koneksinya. Fitur ini diakses menggunakan peramban, seperti website pada umumnya.

Sedangkan FTP adalah protokol tersendiri yang dirancang khusus untuk mentransfer berkas. FTP hanya bisa diakses dengan aplikasi khusus FTP Client.

Saya sering mendengar teori yang mengatakan mentransfer berkas dengan http lebih lambat, kurang stabil, dan kurang aman jika dibandingkan dengan FTP. Hanya saja dari pengamalan saya menggunakan keduanya, saya tidak menemukan bukti yang signifikan.

Dengan perkembangan teknologi hosting saat ini, transfer berkas dengan File Manager yang notabene menggunakan protokol http, sama cepatnya dengan FTP, juga sama-sama stabil. Begitu pun dengan soal keamanan, dengan hadirnya http secure (https), saya yakin aman-aman saja.

Menurut saya, preferensi para pengguna yang ada selama ini lebih didasarkan pada kenyamanan dan kebiasaan saja. Ada yang merasa lebih nyaman dengan File Manager ada pula yang lebih nyaman dengan FTP.

Kelebihan dan kekurangan

Analisis yang saya kemukakan ini lebih berdasarkan pada pengalaman sendiri, bukan ulasan teoritis. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan kedua fitur tersebut. Siapa tahu bisa jadi bahan pertimbangan bagi kamu.

File Manager

Silahkan lihat cara menggunggah berkas menggunakan File Manager.

Koneksi FTP

Silahkan lihat cara mengunggah berkas menggunakan FTP.

Mana yang lebih baik?

Saran saya bila kamu hanya memiliki satu website saja atau beberapa website dalam satu control panel hosting yang sama dan tidak banyak aktivitas untuk mentransfer berkas ke website gunakan saja File Manager.

Namun, kalau kamu memiliki lebih dari satu website apalagi dari hosting yang berbeda dan juga banyak aktivitas mentransfer berkas ke website, akan lebih efektif bila menggunakan FTP.

TINGGALKAN KOMENTAR

* Hanya komentar bermutu yang akan ditampilkan.