KURSUS MEMBUAT WEBSITE100% Gratis!

5 Plugin Contact Form WordPress Terbaik

Plugin Contact Form Terbaik

Ada ratusan plugin contact form yang tersedia untuk WordPress. Dari opsi sebanyak itu mana yang harus kamu pilih?

Bagi pemula, tentu akan membingungkan.

Oleh karena itu kami akan mengulas 5 plugin yang paling populer dengan menganalisis kekurangan dan kelebihan fitur-fiturnya. Tentunya kami akan merekomendasikan mana yang terbaik dari kelima plugin tersebut.

Definisi populer di sini maksudnya plugin yang saat ini masih aktif dan paling banyak digunakan. Data diambil dari website WordPress.org.

1. Caldera Forms

Plugin Caldera Forms digunakan oleh lebih dari 200.000 website. Meskipun termasuk plugin freemium alias memiliki versi berbayar, hampir semua fitur-fitur pentingnya tersedia secara gratis.

Plugin Contact Forms Caldera

Tampilan Caldera Forms cukup intuitif. Kamu tak perlu susah-susah menyunting style CSS untuk mendapatkan tampilan ciamik, karena formulirnya sudah enak dipandang sejak dari awal.

Caldera Forms sudah mengadopsi desain responsive, tata letaknya bisa menyesuaikan dengan ukuran layar pengunjung. Kamu tak perlu khawatir tampilan website menjadi kacau ketika diakses dengan smartphone.

Kelebihan

Caldera Forms bisa dibilang satu-satunya plugin contact form yang mengratiskan fitur-fitur tingkat lanjutnya. Plugin lain biasanya menawarkan fitur-fitur tingkat lanjut dalam bentuk add-ons berbayar, atau dengan mensyaratkan upgrade ke versi berbayar.

Untuk versi gratisnya plugin ini menyediakan fitur anti spam yang bekerja di belakang layar, tak perlu captcha yang menyebalkan itu.

Selain itu menyediakan juga fitur conditional logic dan multi-page form. Pada plugin lain, fitur-fitur seperti ini umumnya hanya tersedia untuk versi berbayar.

Fitur-fitur keren lainnya seperti search form, dukungan untuk custom fields, hingga tracking submission juga disediakan dalam versi gratis.

Kekurangan

Kamu harus beralih ke versi berbayar untuk mengakses beberapa fitur lain, seperti fitur sistem pembayaran. Sayangnya versi berbayar Caldera Forms cukup menguras kantong.

Paket paling murah dibandrol $49,5 per tahun. Bandingkan dengan WPForms, versi termurahnya hanya $39,5 per tahun. Padahal paket termurah WPForms memiliki fitur lebih lengkap.

Selain menyediakan versi berbayar dalam bentuk paket, Caldera Forms juga menjualnya dalam bentuk adds-on. Setali tiga uang, harga add-ons yang ditawarkannya pun lumayan mahal. Tidak semurah add-ons yang dijual para kompetitornya.

2. Formidable Forms

Formidable Forms digunakan oleh 300.000+ website.

Plugin ini sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan formulir yang kompleks. Sepertinya dirancang bagi pengguna tingkat lanjut yang membutuhkan formulir untuk keperluan yang rumit.

Formidable Forms

Kelebihan

Formidable Forms benar-benar plugin pembuat formulir yang powerfull. Apapun bentuk formulir yang kamu butuhkan bisa diwujudkan oleh plugin ini.

Sebut saja misalnya, formulir untuk keperluan survey, quiz, pembayaran, registrasi event, hingga berbagai kalkulator.

Plugin ini memiliki integrasi yang paling baik dengan WooCommerce, plugin ecommerce paling populer di WordPress.

Pembuat Formidable Forms sangat memanjakan developer. Plugin ini gampang diutak-utik untuk berbagai keperluan tanpa harus pusing lagi membuat program.

Kekurangan

Walaupun menyediakan seabrek fitur, plugin ini bukan tanpa kekurangan. Formidable Fomrs kurang ramah pengguna. Sepertinya plugin ini akan membuat pemula pening kepala!

Kekurangan lainnya, versi berbayar plugin ini termasuk yang paling mahal. Paket termurahnya saja dibandrol $99,38 per tahun.

3. Ninja Forms

Menurut kami inilah plugin contact form yang paling mudah digunakan. Mungkin karena kemudahannya plugin ini cukup populer. Hingga saat ini digunakan oleh lebih dari 1 juta website.

Ninja Forms

Kelebihan

Seperti sudah kami sebutkan, plugin ini sangat ramah pengguna. Formulir yang komplek bisa dibuat dengan hanya drag and drop. Meskipun begitu hasilnya tak kalah dengan karya para desainer.

Bahkan untuk menggunakan fungsi-fungsi tingkat lanjut, kamu tidak perlu mempunyai kemampuan seorang developer.

Selain itu, Ninja Forms memiliki website yang menyertakan dokumentasi lengkap dengan komunitas pendukung yang lumayan aktif.

Kekurangan

Fungsi-fungsi sederhana pada Ninja Forms, seperti upload file hanya tersedia dalam versi berbayar. Padahal jenis fitur seperti ini bisa didapatkan secara gratis dari plugin-plugin lain.

Sialnya, paket berbayar plugin ini terbilang cukup mahal. Paket paling murah ditawarkan mulai dari $49,5 per tahun dengan lisensi hanya untuk 1 website.

4. WPForms

WPForms ini termasuk plugin yang mudah digunakan. Menu editornya sangat intuitif dengan tampilan drag and drop yang sederhana. Tak heran bila plugin freemium ini digunakan oleh lebih dari 2 juta website.

Kelebihan

WPForms menyediakan versi gratis yaitu WPForms Lite. Disebut lite karena hanya beberapa fungsi saja yang tersedia. Meskipun begitu, semua fungsi sudah bisa menangani kebutuhan formulir pada umumnya.

Pada versi gratis disediakan fitur anti spam berbasis captcha. Cukup efektif untuk membendung serangan spammer, meski harus mengorbankan kenyamanan pengunjung dengan diwajibkannya mengisi captcha.

Ada juga fitur thank-you page yang akan mengarahkan pengunjung setelah berhasil mengisi formulir.

Bila kamu berniat menggunakan plugin ini tak perlu khawatir kekurangan fitur.

Kekurangan

Versi gratis hanya menyediakan fitur yang sangat terbatas. Untuk meng-unlock fitur-fitur unggulan kamu perlu membayar $39,5 per tahun, ini paket yang paling murah.

Bayangkan, hanya untuk mengakses fitur file upload saja kamu harus upgrade ke versi berbayar.

5. Contact Form 7

Mencari plugin yang 100% gratis, tidak ada iklan?

Ini pilihan yang cocok!

Disebut 100% gratis karena memang tidak ada versi berbayarnya.

Walaupun gratisan, hampir semua jenis formulir bisa ditangani plugin contact form ini. Tak heran bila Contact Form 7 saat ini digunakan oleh lebih dari 5 juta website!

Konon, Contact Form 7 bukan saja plugin contact form paling populer, tapi sekaligus menjadi yang terpopuler dari semua plugin yang ada di WordPress.

Pulgin Contact Forms Contact Form 7

Kelebihan

Contact Form 7 merupakan satu-satunya plugin contact form yang memiliki kemampuan luas, yang hanya bisa ditandingi plugin berbayar, namun tersedia dengan gratis. Gratis dalam arti sebenar-benarnya gratis. Tak ada iklan ataupun tombol donasi.

Plugin ini memiliki komunitas pendukung yang besar dan dokumentasi yang lengkap. Didukung juga oleh hampir semua plugin-plugin besar, baik yang berbayar maupun gratis.

Memang tidak semua fitur tersedia secara bawaan. Tapi ada banyak plugin tambahan yang menyediakan fitur-fitur tingkat lanjut secara gratis pula.

Fleksibilitasnya pun cukup mencengangkan. Kamu bisa membuat desain suka-suka dengan plugin ini. Syaratnya mengerti sedikit bahasa pemrograman.

Bila kamu membutuhkan fitur yang banyak tersedia di plugin premium tapi tidak mau keluar uang, Contact Form 7 bisa mewujudkannya!

Kekurangan

Satu-satunya kekurangannya adalah tidak terlalu ramah pengguna. Untuk memakainya perlu pengetahuan teknis. Terutama ketika ingin menggunakan fungsi-fungsi yang komplek.

Tanpa pengetahuan teknis yang cukup, tampilan formulirnya akan terlihat sangat standar, kalau tidak dibilang jelek.

Plugin Contact Form Terbaik

Kami menentukan plugin terbaik dari 5 plugin yang dibahas di atas dengan parameter berikut: kelengkapan fitur, kemudahan penggunaan, dukungan komunitas atau after sales, integrasi dengan pihak ketiga, dukungan dari plugin-pugin lain, dan tingkat harga.

Kami telah mencoba versi gratis dari semua plugin-plugin di atas. Dan, pilihan kami jatuh pada Contact Form 7.

ARTIKEL TERKAIT
Plugin Keamanan WordPress Terbaik 5 Plugin Keamanan WordPress Terbaik
Cara Menginstal Plugin WordPress Cara Memasang Plugin WordPress
Plugin Contact Form Terbaik 5 Plugin Contact Form WordPress Terbaik
Cara membuat related posts Cara Membuat Related Posts Tanpa Plugin
PANDUAN PEMULA
BLOG UPDATE!