KURSUS MEMBUAT WEBSITE100% Gratis!

Perbandingan 5 Plugin Keamanan WordPress Terbaik

Plugin Keamanan WordPress Terbaik

Pada dasarnya CMS WordPress sudah memiliki keamanan tersendiri. Namun Saya tetap menyarankan kamu untuk memasang plugin tambahan. Karena setiap harinya ada Para Hacker jahat yang mengincar website-website untuk diretas. Untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan Mereka.

Kamu tidak inginkan websitemu menjadi salah satu korban Hacker. Website yang sudah dibangun susah payah mengorbankan waktu, tenaga dan uang bisa hilang begitu saja. Karena Mereka ambil alih dan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

Apalagi kalau itu website bisnis, yang sudah mendatangkan penghasilan rutin ke kantong. Tentu harus dijaga keamanannya dengan baik.

Beberapa Website Saya pun yang ada diluar negeri juga pernah mengalami percobaan peretasan. Sempat Saya was-was juga dengan ratusan percobaan login perhari. Sudah Saya block beberapa IP namun tetap ada saja yang coba login dengan IP dan Negara yang berbeda.

Untungnya Saya sudah memasang plugin Security Wordfence disetiap website tersebut. Jadi Saya bisa memonitor hal-hal apa saja yang Mereka coba lakukan untuk membobol website Saya.

Beberapa Website Saya yang dibuat untuk konsumen luar negeri memang banyak yang ingin membobol. Namun hal tersebut tidak terjadi untuk website-website Saya untuk local Indonesia. Di Indonesia sangat sedikit yang mencoba login ke web Saya atau bisa dibilang hampir tidak ada Orang yang iseng.

Itu sekilas pengalaman Saya menggunakan salah satu plugin security dari WordPress. Masih banyak lagi manfaat menggunakan Plugin Security. Baca sampai akhir artikel juga ya supaya tahu Plugin Security terbaik yang sesuai untuk websitemu.

Apa itu plugin keamanan WordPress?

Untuk mendapatkan fitur-fitur keamanan yang lebih lengkap. Sudah menjadi keharusan untuk pemilik website Toko Online, Blogger maupun Perusahaan kecil sampai besar memasang plugin Security. Kebutuhan fitur keamanan yang dibutuhkan setiap website berbeda-beda. Namun yang terpenting adalah Kamu membangun struktur keamanan website yang terbaik.

Manfaat memasang fitur keamanan ini dapat dirasakan dalam keadaan normal sebagai tindakan pencegahan. Seperti saat ada plugin maupun theme yang perlu diupdate, Plugin ini akan memberi informasi lewat email.

Begitupun ketika keadaan genting. Saat ada percobaan login berkali-kali, plugin ini langsung memberi laporan realtime via email. Lebih baik waspada dan menyiapkan plugin pengaman daripada rugi. Ketika sudah menjadi Korban Crack, Hack, Malware maupun Virus.

Beruntung bagi Kita pengguna WordPress Self Host. Karena bisa dengan mudah menambahkan fitur-fitur keamanan penting di website menggunakan Plugin Keamanan yang ada di direktori WordPress. Mulai dari yang gratisan kualitas premium sampai yang berbayar.

5 plugin paling populer

Sebenarnya Plugin apa yang Kamu butuhkan supaya website menjadi lebih aman? Baik dari serangan-serangan Malware,  DDOS, Virus maupun Spam. Berikut 5 Plugin Security terbaik WordPress yang bisa Kamu pilih.

1. Sucuri Security

Plugin Keamanan WordPress terbaik pertama yang Kita bahas adalah Plugin Sucuri Security. Plugin ini mampu memonitor aktifitas yang mencurigakan dan membahayakan untuk websitemu. Sucuri Security bisa melakukan Scanning pada Malware, Blacklist Protection maupun tindakan keamanan lainnya. Untuk mencegah website milik kamu agar tidak di hack.

Selain itu Plugin Sucuri Security juga bisa melakukan verifikasi keamanan File utama WordPressmu. Serta memiliki kemampuan untuk mengatur ulang Secret Key dan Password ketika website Kamu dihack maupun saat terinfeksi oleh Malware.

Sucuri Security memiliki versi gratis dan juga versi berbayar. Plugin ini sudah diinstall lebih dari 40.000 website.

Keunggulan Plugin Sucuri lainnya adalah mempunyai daftar Blacklisted dari Google Safe Browsing, Norton, Sucuri Labs, Mc Afee Site Advisor dan beberapa pengelola keamanan website lainnya. Ketika terjadi sesuatu hal yang tidak beres pada website kamu, maka Plugin ini akan mengirimkan pemberitahuan melalui email. Untuk layanan premium (berbayar) Kamu bisa meminta bantuan dari Tim Ahli Sucuri saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Fitur Sucuri Security:

  • Mempunyai fitur Scanning Malware dan Blacklist Monitoring.
  • Ada fitur Activity Auditing yaitu Fitur yang memberikan akses kepada Admin system atau Administrator untuk memantau siapa saja yang sudah masuk ke system dan melakukan perubahan apa saja di system.
  • Pada versi Premium ada fitur Firewall yang berfungsi untuk mengamankan website dari serangan DDOS (Distributed Deniel of Service), Brute-force dan lainnya.
  • Memiliki informasi untuk pengelola website tentang keamanan website pada saat melakukan konfigurasi.

Secanggih apapun Plugin Sucuri Security ini, tentu punya kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Plugin Sucuri:

Kelebihan Plugin Sucuri:

  • Mempunyai perlindungan Firewall
  • Mempunyai Data Black-listed dari Google
  • Kinerja website tidak terganggu karena menggunakan CDN

Kekurangan Plugin Sucuri:

  • Untuk menghapus Malware harus dilakukan oleh orang yang paham hal teknis tentang keamanan website.

2. Wordfence

Plugin Wordfence sudah diinstall lebih dari 3 juta website. Ini adalah jumlah install terbanyak untuk kategori Plugin Keamanan WordPress. Wordfence memberikan solusi untuk Firewall, Real-time Monitoring dan Scanning (Plugin, Tema dan file). Juga melakukan blocking terhadap ancaman keamanan. Dan dapat menambahkan pilihan login yang lebih aman.

Wordfence memiliki 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Tentu yang berbayar fiturnya lebih lengkap untuk menjaga keamanan website. Namun Saya pribadi memakai versi yang gratis untuk semua website yang Saya kelola. Karena versi gratis fiturnya sudah lebih dari cukup. Bagi Kamu yang punya dana khusus untuk keamanan website, silahkan coba versi premiumnya yang lebih mantap tentunya.

Fitur Plugin Wordfence:

  • Memiliki Database lebih dari 44.000 jenis Malware yang dikenal dengan sebutan WordPress Security Threats.
  • Selain melakukan pengecekan pada File inti, plugin dan tema website. Wordfence juga selalu memeriksa Malware, Bad URL, Backdoors, Malicious Redirect, Code Injections dan SEO Spam.
  • Memberikan perlindungan ketika terjadi Brute-force
  • Pada versi premium memiliki fitur-fitur tambahan seperti Firewall dan Real-time Blacklisted IP Address.

Setelah mengetahui fitur-fiturnya, baik yang versi gratis maupun yang berbayar. Mari Kita simak, apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan Plugin Wordfence berikut ini.

Kelebihan menggunakan Plugin Wordfence:

  • Mampu mendeteksi lebih awal ketika ada Malware
  • Firewall Wordfence bekerja pada titik terakhir dari system website. Sehingga pihak-pihak yang mempunyai rencana menyerang website akan mengalami kesulitan. Karena harus memecahkan kode-kode rahasia yang sudah dibuat oleh Wordfence.
  • Melindungi dari serangan Brute-force (serangan membabi buta) dengan membatasi upaya login.
  • Sistem akan memeriksa keamanan konten mulai dari file, pos dan komentar untuk URL berbahaya dan konten yang mencurigakan.

Kekurangan Menggunakan Plugin Wordfence:

  • Plugin Wordfence berjalan pada server website. Sehingga dapat mempengaruhi kinerja website.

3. All In One WP Security

Plugin All In One WP Security sudah diinstall lebih dari 800.000 website. Plugin ini bekerja tidak menggunakan Database. Sehingga tidak memberatkan kinerja websitemu. Plugin ini mengklaim bahwa selalu menggunakan standart keamanan terbaru dari System WordPress.

All In One WP Security juga memiliki beberapa standart keamanan. Yaitu Basic, Intermediate dan Advance sehingga Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu.

Fitur Plugin All In One WP Security:

Database Security digunakan untuk mengubah prefix database wordpress supaya lebih aman. Dan juga dapat melakukan Backup Database.

User Login Security berfungsi untuk melihat user yang sedang login di website.

File Security System berfungsi untuk mengamankan file-file website dan melihat error log yang ada.

Comment Spam Security berfungsi untuk memonitor aktifitas komen Spam dari IP yang biasanya sering submit spam.

Memiliki Firewall yang cukup banyak. Jadi Kamu harus hati-hati saat setting karena semua rule Firewall ditulis di .htaccess. Apabila ada kesalahan setting bisa-bisa IP mu terlock dan membuatmu susah sendiri. Sebagai tindakan pencegahan, Backup-lah File .htaccess sebelum melakukan setting.

Preventif Brute Force Attack untuk memblock brute force berdasarkan Cookie Based Brute Force. Memberikan reCaptcha pada halaman login wordpress dan mengubah URL login agar tidak dikenali Hacker dan bot.

Front End Text Copy Protection berfungsi sebagai pengaman konten (tulisan dan gambar) website kamu agar tidak dicopy paste. Dan diberi hotlink yang merugikan secara SEO dan mengurangi Bandwidth website.

Fitur 5G Blacklist Firewall Rules berguna untuk mengaktifkan perlindungan melalui .htaccess dari robot-robot yang mencoba mencari kelemahan website. Dengan cara mengakses URL-URL aneh yang terdapat di websitemu. 5G Blacklist Firewall Rules merupakan kumpulan kode yang dibuat oleh Orang-orang dari Forum Perishable untuk mencoba mengeksploitasi WordPress melalui htacces.

Kelebihan dan Kekurangan All In One WP Security

Dengan fitur-fitur yang sangat banyak tersebut tentu, plugin All in One WP Security memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan All in One WP Security:

Mempunyai User Account Security untuk mengamankan user wordpress ( Admin Website) dengan cara membuat user login yang susah untuk dihack. Misal bawaan login default adalah domain.com/wp-admin. Maka dengan menggunakan fitur ini bisa dirubah menjadi domain.com/masuk atau domain.com/kamu. Atau apapun kata yang ingin kamu tulis.

Dan yang terakhir adalah Support yang baik. Meskipun gratis, apabila plugin All In One WP Security tidak kompatibel dengan plugin lain. Kamu bisa melaporkannya ke Support Forum.

Kekurangan All in One WP Security:

Tidak disarankan untuk website yang memakai Woo Commerce

Memiliki 3 Security Scanner yaitu File Change Detection, DB Scan dan Malware Scan. Namun tidak semuanya bisa berfungsi. Yang aktif hanya File Change Detection, Malware Scan aktif di versi berbayar dan DB Scan masih dalam pengembangan.

4. iThemes Security

iThemes Security adalah salah satu Plugin keamanan populer juga, yang ada di WordPress. Plugin ini telah diinstall lebih dari 900.000 website di seluruh Dunia. Dahulu nama plugin ini adalah Better WP Security.

iThemes Security mempunyai kemampuan untuk mendeteksi plugin-plugin berbahaya yang ada di websitemu. Seperti Plugin yang sudah tidak pernah update lagi dan juga memiliki password yang lemah. Plugin iThemes Security memiliki 2 versi yaitu gratis dan berbayar.

Plugin iThemes Security memberikan pilihan 30 cara lebih untuk kamu mengamankan website. Dengan menggunakan Plugin ini, Kamu bisa menghentikan serangan otomatis terhadap websitemu. Dapat melindungi dan memperbaiki website dari berbagai ancaman kemanan.

iThemes Security dapat melacak berbagai aktifitas pengguna yang terdaftar dan menambahkan Authentication two factor. Memiliki fitur eksport dan impor, pengecekan Malware, pengaturan password dan masih banyak lagi.

Untuk mencegah komentar Spam di website Kamu, Plugin ini bisa diandalkan. Karena sudah terintegrasi dengan Google reCaptcha.

Beberapa Fitur iThemes Security lainnya antara lain:

  • Menyediakan wp-cli integration
  • Mengharuskan wordpress selalu update pada versi terbaru
  • Memiliki fitur dua langkah keamanan dari Google.
  • Mempunyai fitur untuk mencegah Brute-force
  • Ada Fitur Google reCaptcha untuk melindungi website dari spam.
  • Memiliki perbandingan file online yang digunakan untuk memeriksa, apakah ada kode yang dimodifikasi atau tidak.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Plugin iThemes Security:

Kelebihan Plugin iThemes Security:

  • Memiliki perlindungan dari Brute-force terhadap website.
  • Mempunyai proteksi login yang efektif sehingga keamanan website terjaga.
  • Mengunci pengguna yang gagal masuk ke website beberapa kali karena terdeteksi sebagai tindakan yang mencurigakan.

Kekurangan iThemes Security:

  • Tidak memiliki Firewall
  • Tidak memiliki fitur deteksi awal terhadap Malware
  • Penghapusan Malware yang tidak mudah

5. Cerber Security

Cerber Security adalah plugin keamanan dan juga penangkal Spam untuk WordPress. Memiliki halaman pengaturan yang sederhana dan mudah digunakan. Mampu bekerja dengan baik untuk mencegah login yang tidak sah. Seperti upaya masuk brute force, Spam, akses ke WP_ADMIN dan REST API.

Untungnya Plugin Cerber Security memiliki fitur untuk mengalihkan URL admin default menjadi URL yang Kita inginkan. Fitur ini sama dengan fitur User Account Security pada Plugin All in One WP Security. Jadi kamu bisa setting akhiran URLnya sesuai dengan kata maupun huruf yang Kamu inginkan. Sehingga Peretas yang iseng tidak akan mengetahui Halaman Login ke websitemu. Fitur yang sederhana kelihatannya, padahal ini penting. Karena pintu utama masuk ke website adalah pada halaman login.

Cerber Security mampu menangkal Backdoor ke website yang kamu miliki. Jenis peretasan sulit untuk diketahui karena peretasannya bersifat aktif. Bahkan setelah Kamu melakukan pembersihan, Peretas bisa menemukan cara untuk meretas melalui Backdoor.

Cara mereka masuk adalah Mereka memasang File PHP berbahaya pada Direktori WordPress yang berbeda dan apabila File PHP ini lolos dari proses pembersihan. Maka Peretas dapat menjalankan File PHP tersebut dan membuat Kamu sebagai pemilik situs tidak sadar bahwa websitemu sudah dimasuki Mereka. Mereka memanipulasi website dengan cara menyuntikkan Code dalam File WordPress yang berbeda.

Cerber melakukan pemeriksaan secara cepat pada eksekusi file PHP tersebut. Dan memblokir alamat IP pengguna tersebut. Sistem AI atau kecerdasan buatan milik Cerber terus mengawasi setiap aktifitas berbahaya.

Seperti percobaan menjalankan File PHP, mencari halaman yang tidak ada dan mencoba untuk mengakses langsung ke file inti WordPress. Ketika terdeteksi aktifitas semacam itu , maka Cerber Security segera memblokir Mereka. Sehingga tidak ada ruang lagi bagi Peretas tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Cerber Security

Plugin Cerber Security dibuat dari serangkaian Algoritma canggih. Sehingga system bisa dengan mudah mengetahui ancaman dari luar. Plugin ini dijaga dan diupdate secara berkala oleh pemiliknya untuk meningkatkan kinerja Cerber Security. Agar senantiasa mampu memberikan solusi keamanan terbaik dan modern untuk penggunanya.

Kelebihan Cerber Security:

WP Cerber Security juga memiliki fitur Anti-spam paling canggih untuk semua formulir di website. Sehingga ketika ada yang mengirim Spam ke website. Kamu bisa mengatur untuk menolak Spam masuk secara langsung atau menghapusnya langsung secara otomatis. Bisa juga memilih untuk Spam dibiarkan masuk ke folder Spam. Sehingga Kamu bisa memeriksanya, apakah itu benar Spam atau bukan.

Plugin ini bisa membuat Log Akses untuk mencatat informasi dasar. Seperti ketika ada Pengguna yang masuk dan berasal darimana. Jadi Kamu bisa tahu apakah websitemu disusupi atau tidak. Data Log ini disimpan secara local di website.

Melindungi Formulir di WooCommerce dan Halaman CheckOut.

Dilengkapi Cloud Cerber Security yang handal dan dapat mendeteksi alamat IP berbahaya secara realtime. Dan memblokirnya sebelum membahayakan situs websitemu.

Memiliki Database Cyber Criminal, dimana alamat IP real time yang diketahui melakukan upaya pembobolan situs web, menyebarkan Spam, serangan phising dan bentuk aktifitas jahat lainnya dapat dilacak. Sehingga akses Mereka akan ditutup untuk menjaga keamanan situs wordpressmu.

Kekurangan Cerber Security:

Tidak banyak yang menggunakan karena masih kalah lengkap dengan Plugin keamanan lainnya.

Mana yang paling baik?

Setelah melihat fitur-fitur serta kelebihan dan kekurangan masing-masing Plugin Security WordPress. Saya pribadi lebih memilih menggunakan Wordfence. Karena sudah diistall lebih dari 3 juta website aktif. Jumlah install terbanyak untuk kategori Plugin Keamanan.

Memiliki fitur yang cukup banyak, namun hanya sedikit saja yang perlu disetting. Karena secara default Plugin ini sudah bagus. Pada versi free saja sudah lebih dari cukup bagi Saya. Dan Saya sudah menggunakan Plugin Wordfence sejak 2016 hingga saat ini. Terbukti aman dan memiliki banyak manfaat. Sehingga Plugin ini menjadi plugin wajib, yang Saya install diseluruh website yang Saya kelola.

Saya sudah membuktikan mantapnya plugin ini. Kamu?

Demikian artikel 5 Plugin Security WordPress Terbaik untuk Melindungi Website. Semoga bermanfaat untukmu, jangan lupa bagikan artikel ini ya. Supaya lebih banyak lagi pemilik website yang lebih peduli dengan keamanan websitenya. Karena website adalah salah satu Aset Digital terbaik.

BACAAN TERKAIT
Plugin Contact Form Terbaik 5 Plugin Contact Form WordPress Terbaik
Plugin backup WordPress 5 Plugin Backup WordPress Terbaik untuk Pencadangan Data Website
Cara Menginstal Plugin WordPress Cara Menginstal Plugin WordPress, Panduan Bagi Pemula
Plugin Cache Terbaik 5 Plugin Cache WordPress Terbaik untuk Mempercepat Loading Website
ADA 2 KOMENTAR
  1. Riswanto berkata:

    Pada plugin WordPress ini, apakah bisa kita melihat tampilan IP Adress dari para perusak atau yang coba-coba merusak website WordPress kita?

    Terimakasih

    • Jurnal WP berkata:

      Ada 5 plugin yang dibahas dalam tulisan di atas, yang Anda maksud plugin yang mana?

PANDUAN TERBARU
BLOG TERBARU